TIRTA YATRA BERSAMA EKLANKU COMPANY 2018

 13 Desember 2018

“Para management Eklanku melakukan Tirta Yatra bersama. (7/12/2018 – 8/12/2018)”


Tirta yatra dimulai dengan "Ngaturang Piuning" yang bermakna sebagai permohonan ijin bahwa kita akan melakukan perjalanan suci dengan harapan kegiatan Tirta Yatra mendapat doa restu dari Yang Maha Kuasa. Setelah "ngaturang piuning" selesai, Rekanan Eklanku melanjutkan perjalanan Tirta Yatra ke Pura Goa Giri Putri. Pura ini terletak didaerah Nusa Penida Kecamatan Klungkung.


Kegiatan diawali dengan persembahyangan bersama pada Pelinggih pertama (Pelinggih Hyang Tri Purusa) berupa sebuah Padmasana yang berada persis di depan mulut goa. Masuk ke dalam goa, yang dimana banyak terdapat tempat persembahyangan. Pelinggih Hyang Wasuki yang berupa Sapta Petala. Hyang Wasuki merupakan salah satu manifestasi Ida Sang Hyang Widhi Wasa dengan sifat penolong, penyelamat dan pemberkah kemakmuran. Hyang Wasuki diwujudkan dalam bentuk naga bersisik emas berkilauan penuh pernak-pernik mutiara dan mahkota hingga ke ekor. Padmasana, pelinggih ini merupakan tempat berstananya Hyang Giripati/Siwa, Penyineban Ida Batara dan tempat pelukatan. Pelinggih keempat adalah tempat berstananya Hyang Giri Putri. Terakhir, Pelinggih Hyang Siwa Amerta, Sri Sedana/Ratu Syahbandar dan Dewi Kwam Im. Secara umum, di tempat ini (Pura Goa Giri Putri) merupakan perpaduan konsep Siwa-Budha


Berikutnya, Perjalanan Tirta yatra dilanjutkan ke tujuan Pura Dalem Kerangkeng. Pura Dalem Krangkeng merupakan tempat penjara (krangkeng) untuk roh-roh manusia yang semasa hidupnya melakukan perbuatan jahat. Di Pura Dalem Krangkeng Nusa Penida berstana Ida Bhatara Jogor Manik, Beliau bertugas sebagai pencatat kapan waktu kematian seseorang, selain itu beliau juga mampu melihat semua perbuatan seseorang semasa hidupnya.


Perjalanan Tirta Yatra dilanjutkan ke Tujuan Pura Dalem Ped, terdiri dari empat areal pemujaan, yakni Ida Bhatara Baruna di Pura Segara, Dewi Gangga di Pura Taman, Ida Bhatara Ratu Gede Sakti (Ratu Gede Macaling) di Dalem Ped, dan Ida Bhatara Ratu Mas Manik Maketel atau Ida Ratu Mas Pangrajeg Bumi di Pura Panataran. Serta memohon penganugran "Daksina Linggih" Ida Betara Ratu Gede Mecaling.


Usai melakukan persembahyangan di areal Pura Dalem Ped, kegiatan dilanjutkan dengan acara "Mekemit" oleh semua peserta Tirta Yatra di area wantilan Pura Dalem Ped. Keesokan harinya pukul 07.00 Wita, rombongan Tirta Yatra melanjutkan perjalanan pulang ke Denpasar. Ngelinghang "Daksina Linggih" Ida Betara Ratu Gede Mecaling di kantor pusat PT. Eklanku Indonesia Cemerlang, Jl. Merdeka II No 6b, Renon, Sumerta Kelod.


BAGIKAN 

Segera dapatkan keuntungan dari bisnis Eklanku Max!

#BisnisMasaDepan!